Tinjau Proyek LRT Jabodebek

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Kreasi Sumadi mengingati keutamaan integratif model dalam pengadaan transportasi massal. Integratif ini akan membuat peralihan model yang dikerjakan penumpang lebih gampang dan tenteram. Situs Slot Online Terpercaya

Ini dikatakan Menhub dalam kunjungannya ke Stasiun LRT Dusun Atas, Minggu (29/11/2020). Menhub ngomong, stasiun LRT Dusun Atas jadi salah satunya stasiun dengan peningkatan Transit Oriented Development (TOD) yang bergesekan dengan beberapa titik stasiun.

“Ada titik stasiun KRL, ada stasiun lapangan terbang, ada stasiun LRT, oleh karena itu kita barusan telah setuju bersama Pak Tiko (Wakil Menteri BUMN) sebagai wakil BUMN sebagai pemilik KA, dan dari Pemda DKI (Jakarta), lalu dari MRT, Kadishub, untuk bikin integratif,” ucapnya di Stasiun LRT Dusun Atas.

Saat terpadu, penumpang tak perlu kembali tempuh jarak yang jauh dan tidak ramah orang berjalan kaki. Semua jalur akan tersambungsi keduanya.

Sesaat dalam peluang yang serupa, Direktur Operasional II Adhi Kreasi Pundjung Setia Brata menerangkan, faksinya sudah menyelesaikan beberapa ide integratif.

Misalkan di Stasiun Terminal Daerah Rambutan, Stasiun KRL Tebet dan Stasiun KRL Sudirman. Sedang beberapa lokasi yang lain kelak terpadu dengan Transjakarta.

“Misalkan integratif yang kita bangun dengan Transjakarta di sejauh Kuningan. Di sana ada 3 stasiun yang kita integratifkan dengan halte Kuningan, seluruh halte Kuningan terpisah sama kita, kita gabungkan jadi satu,” tutur Pundjung.

Dengan pengaturan yang lebih terpadu, karena itu peralihan penumpang dari 1 model ke model yang lain semakin lebih lancar.

“Di atas stasiun LRT, di bawahnya halte Transjakarta, jadi peralihan penumpang semakin lebih mulus di sana,” jelas Pundjung.

Selanjutnya, contoh integratif yang lain adalah di Terminal Daerah Rambutan. “Di sana dari faksi Pemprov DKI membuat park and ride, selanjutnya didekatkan, kita bangun apa yang kita namakan selaku plaza untuk mempermudah orang berganti model,” ucapnya.