Potensi Benih Lobster

Indonesia disebutkan jadi salah satunya negara dengan kekayaan laut paling besar di dunia. Dengan keseluruhan luas daerah perairan capai 6,32 juta km2 dan keseluruhan garis pantai sejauh 81.000 km, kekuatan itu diantaranya kehadiran lobster. agen slot online terpercaya

Indonesia mempunyai tempat terumbu karang benar-benar luas yang disebut habitat khusus lobster. Salah satunya komoditas laut Indonesia yang mempunyai fungsi penting baik dari sisi ekologi atau ekonomi.

Ahli crustacea Pusat Riset Oseanografi Instansi Pengetahuan Pengetahuan Indonesia (LIPI), Rianta Pratiwi, menerangkan, lobster menyebar nyaris di semua perairan Indonesia. Hewan ini hidup di perairan dangkal sampai kedalaman 100 < 200 mtr. di permukaan laut dengan range temperatur 20-30°C.

Walau mempunyai morfologi yang serupa, tapi habitatnya berbeda bergantung macamnya. Dalam transisi hidupnya, lobster (Panulirus spp.) melalui 4 babak, yakni babak reproduksi/perkembangbiakan, babak larva filosoma, babak lobster muda (puerulus), dan babak lobster dewasa.

Pada babak perkembangbiakan, lobster betina bisa bertelur sampai 460.000 butir dengan periode inkubasi 3-4 minggu. Pada babak filosoma, lobster bisa capai ukuran 36.5 – 37.2 mm.

Kemudian, ukuran lobster akan berkembang sampai 5-10 cm pada babak lobster muda. Seterusnya pada babak lobster dewasa, dewasa betina memiliki ukuran 16 cm panjang keseluruhan, sesaat lobster jantan memiliki ukuran lebih kurang 20cm panjang keseluruhan.

Lobster atau yang lebih diketahui dengan ‘udang karang atau udang barong’ mempunyai nilai ekonomi dan konsumsi yang tinggi karena dagingnya yang renyah, lembut, sedap dan kaya protein.

Rianta menyebutkan lobster tidak cuma komersil di Indonesia tetapi nyaris di penjuru dunia.
Rianta juga menjelaskan kekuatan benih lobster alam di laut Indonesia besar sekali dan diprediksi capai 20 miliar ekor per tahun.