Mengenal Desa Binaan Astra di Kendal, Kembangkan Minyak Atsiri yang Tembus Pasar Ekspor

Lewat program daerah berseri astra (kba) serta dusun sejahtera astra (dsa). Pt astra international tbk usaha untuk tingkatkan kesejahteraan warga. Ke-2 program ini adalah csr perusahaan yang hingga saat ini selalu digerakkan.

Pada acara workshop online yang diselenggarakan rabu (10/11/2020). Pt astra international tbk ajak berkunjung serta mempelajara dusun sejahtera astra kendal. Jawa tengah secara virtual. Acara workshop lingkungan 2020 yang dikerjakan secara virtual ini mengundang khafidz selaku salah satunya pendorong dusun sejahtera astra kendal sekalian founder dari nares essential oil yang disebut merk essential oil lokal.

Disamping itu. Astra mengundang yang menerima semangat astra terintegrasi (satu) indonesian awards. Rizki hamdani. Ke-2 sumber ini membagi info sekitar produksi lokal minyak astiri dan penggasan inspirasi santri tani millenials.

Minyak atsiri produk lokal

“dahulu di dusun ngargosari warga seputar cuman menananm serta memetik tembakau saja. Tapi hal itu juga ditinggal sebab komoditasnya benar-benar tidak begitu hasilkan.” tutur khafidz.

Dari keadaan itu juga yang membuat khafidz memilih untuk cari tanaman atau komoditas pilihan laiinnya yang dapat dibudidayakan secara bersama dengan warga dusun ngargosari.

Pada akhirnya dianya juga memilih untuk cengkih serta daun sereh harum. Di tahun 2013 juga. Pada akhirnya dianya ajak warga seputar untuk mulai menghasilkan produk lokal berbentuk minyak atsiri atau yang umumnya diketahui dengan essential oil.

“di tahun 2012. Banyak warga mulai kumpulkan cengkih dan daun sereh harum untuk dihimpun ke nares essential oil atau ke pengumpul lebih dulu. Serta sukurnya beberapa ratus bahkan juga ribuanpetani terjebak dalam proses pendayagunaan cengkih serta daun-daun sereh harum yang kerap kali tidak digunakan.” terang khafidz.

Dari situpun tampil kemauan hafidz untuk tingkatkan harga atau nilai jual dari cengkih serta daun sereh harum ini semakin lebih tinggi. Pada akhirnya juga hafidz dan faksi petani warga disandingkan dengan astra sendiri.

Minyak atsiri atau diketahui dengan essential oil sendiri adalah minyak olahan yang dibuat dari bermacam sisi tumbuhan seperti akar. Kulit. Tangkai. Daun. Bunga serta biji. Untuk minyak atsiri memiliki bahan landasan cengkih sendiri antiknya cuman memakai daun yang telah luruh atau layu.

Faktanya sebab daun cengkih yang telah layu. Malah memiliki kandungan minyak yang semakin lebih kaya bila dibanding dengan yang berada di pohon.

Dengan komitmennya untuk tingkatkan kesejahteraan warga dusun ngargosari. Astra berusaha untuk memberikan fasilitas beberapa petani seputar dengan alat pemrosesan bahan baku minyak astiri. Edukasi dan pembimbingan ke warga dengan program yang namanya dusun sejahtera astra.

Bukan hanya memberi edukasi dan pengarahan pada beberapa petani. Astra memberi bermacam pengajaran dan training kewiraswastaan serta soft kemampuan ke beberapa mastarakat wargayang gantungkan hidupnya pada essential oil. Dimulai dari training. Pengerjaan neraca keuangan. Training serta manajemen umkm.

“kadang edukasi pada pengetahuan kewirausahaan atau perawatan barang itu perlu dikasih ke warga. Sebab saya kerap melihatbahwa ada banyak alat produksi yang tersimpan malah tidak dirawat. Serta harga dari perlengkapan itu benar-benar. Jadi benar-benar sayang.” tutur hafidz.

Saat ini. Produk lokal dari minyak atsiri dsa kendal sendiri saat ini telah sukses di-export di beberapa negara seperti jerman. Prancis serta spanyol. Adanya pembimbingan oleh astra. Warga mempunyai keinginan pada hasil komoditas pertaniannya semasing.