Dampak Kerumunan Simpatisan Rizieq Shihab, Ratusan Penerbangan Delay

Beberapa ratus penerbangan terimbas dari beberapa ribu massa partisipan yang akan menyongsong kembalinya rizieq shihab ke indonesia. Di terminal 3 lapangan terbang internasional soekarno hatta. Selasa (10/11/2020). Pt angkasa pura ii serta stakeholder lakukan pendataan data paling akhir penerbangan yang terimbas. Pada ini hari. Lapangan terbang soekarno-hatta direncanakan layani sekitar 556 penerbangan pergi serta datang.

Jumlah itu terbagi dalam dari 224 penerbangan pergi serta datang di terminal 2. Lantas 319 penerbangan pergi serta datang di terminal 3. Dan 13 penerbangan kehadiran untuk repatriasi wni.

“beberapa penerbangan pagi barusan alami ketertinggalan seputar 1-2 jam. Tetapi sekarang ini operasional penerbangan telah berjalan normal.” tutur agus haryadiexecutive general manajer lapangan terbang soekarno-hatta. Selasa (10/11/2020). Tentang hal jumlah keberangkatan penerbangan yang alami terlambat pada ini hari sampai seputar jam 12.00 wib sekitar 118 penerbangan. Yaitu 110 jalur lokal serta 8 jalur internasional.

Sesaat. Susul jumlahnya agenda penerbangan yang terlambat. Karena itu maskapal mempunyai cara mengantisipasi untuk memudahkan calon penumpang.

Yaitu. Memberikan kebebasan penjadwalan ulangi penerbangan (reschedule) atau pengembalian ticket (kembalikan) untuk pemegang ticket keberangkatan penerbangan 10 november 2020 dari lapangan terbang soekarno-hatta.

Maskapal yang sudah memverifikasi peraturan ini ialah lion air grup. Garuda indonesia grup. Indonesia airasia serta sriwijaya air grup.

“maskapal lain mungkin saja mempunyai peraturan sama. Kami menyarankan supaya penumpang yang mempunyai ticket keberangkatan 10 november dari lapangan terbang soekarno-hatta dapat lakukan verifikasi lebih dulu ke maskapal berkaitan agenda penerbangan. Reschedule atau kembalikan.” terang agus haryadi.

Pt angkasa pura ii serta stakeholder bekerjasama kuat jalankan beberapa langkah dalam memperhitungkan ramainya pengunjung lapangan terbang pada 10 november 2020.

Semenjak jam 06.00 wib pengunjung semakin ramai tiba ke lapangan terbang soekarno-hatta untuk jemput rizieq shihab yang landing seputar jam 08.37 wib di terminal 3 lapangan terbang soekarno-hatta. Dari jeddah memakai maskapal saudia sv 816. Selanjutnya. Partisipan mulai berangsung-angsur tinggalkan lapangan terbang semenjak jam 10.00 wib. Agus haryadi menjelaskan. Cara mengantisipasi dikerjakan semenjak 9 november 2020 hingga perlakuan keramaian pengunjung bisa dikerjakan secara cepat.

Selanjutnya. Agus haryadi menjelaskan keramaian di lapangan terbang soekarno-hatta berlangsung pada bentang jam 07.00 – 10.00 wib atau seputar 3 jam. Saat itu kemacetan akses ke arah lapangan terbang dari gerbang tol cengkareng terlihat jam 06.00 – 09.00 wib.

“perlakuan keramaian di lapangan terbang dikerjakan cepat oleh semua stakeholder lapangan terbang soekarno-hatta diantaranya pt angkasa pura ii. Tni. Polres lapangan terbang soekarno-hatta. Kantor kesehatan dermaga kementerian kesehatan [kkp kemenkes]. Imigrasi. Bea serta cukai. Faksi ground handling. Maskapal serta faksi yang lain.” papar agus.

Stakeholder bekerjasama dengan kuat hingga proses kehadiran penumpang internasional terhitung semua penumpang saudia sv 816 berjalan secara lancar. Keadaan di lapangan terbang soekarno-hatta masih aman karena pengaturan berjalan baik antara stakeholder.

Searah dengan hal itu. Semenjak jam 10.00 wib. Penerbangan di lapangan terbang soekarno-hatta normal kembali. (pramita tristiawati)

Massa bersama-sama pergi ke arah lapangan terbang soekarno hatta untuk menyongsong kehadiran rizieq shihab. Akses jalan ke arah lapangan terbang juga alami kemacetan panjang.