Asa Penampung Rezeki

Bingung, tidak tahu harus melakukan perbuatan apa. Samsul juga sempat ditolong oleh partnernya. Tetapi, jika ia pengin berada di tengah keadaan susah semacam ini, karena itu dianya harus Berani Berbeda. agen bola online terpercaya

Tidak pengin diam diri kembali, ia pada akhirnya coba berkreatifitas memakai bambu. “Coba usahakanlah bermain-main di bambu, bikin-bikin kerajinan gelas bambu. Ya Alhamdulillah, dari sana ada lah buat setiap hari,” papar Samsul ke Team Berani Berbeda.

“Yang saat ini sich bukan hanya gelas, ada bangku outdoor buat taman-taman terbuka atau cafe-cafe. Lagi yang lain juga. Lampion bambu, atau lainnya,” lebih ia.

Samsul dapat berasa lebih lega. Ia tidak akan tergantung cuman dari uang tersisa pesangon atau kontribusi temannya. Sekarang, ia dapat hasilkan uang dari kemahiran tangannya dalam berkreatifitas memakai bambu.

Masalah harga, Samsul akui ia tidak jual begitu mahal. Yang perlu, barang cepat terjual dan keluarga dapat makan. Walau demikian, kreativitas bambu bikinan Samsul masih cantik dan bermutu. Tiap produk bambu bikinannya mempunyai corak unik tertentu.

“Untuk ukuran cangkir, saya jual Rp 25 ribu. Untuk ukuran mug, saya jual Rp30 ribu. Buat cangkir itu, satu hari paling hanya bisa (buat) 10. Sebab handmade, perlengkapan belum mencukupi, masih manual,” papar ia.

Walaupun telah mendapati alternatif mata pencarian, tidak semua terus berjalan lancar. Samsul juga ikut melalui banyak kejadian senang dan duka sepanjang profesinya selaku perajin bambu.

“Jika waktu kerja kan upah hanya begitu saja. Tetapi jika kita usaha sendiri, terkadang ada, terkadang tidak ada. Dukanya mah cocok tidak ada ini. Terkadang buat modal kewalahan,” kata Samsul.

“Waktu awalannya dipasarkan tidak ada yang memberi respon. Di situlah dukanya. Sebab kita membuat, tidak ada yang menyukai,” tambahnya.

Tetapi, Samsul percaya jika kunci keberhasilan ialah kegigihan. Ia juga tidak mudah menyerah dan lagi usaha.